Sabtu, 16 Maret 2013

Mengapa IMK diperlukan ?



Mengapa IMK diperlukan ?


             Interaksi manusia dan komputer (IMK) atau kata lainnya Human Computer Interface (HCI) adalah suatu disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. Interaksi manusia dan komputer pada prinsipnya adalah membuat agar sistem dapat berkomunikasi  dengan penggunanya seramah mungkin.

Tujuan utama dari adanya interaksi manusia dan komputer adalah:
·   User  friendly (ramah dengan pengguna) : Kemampuan yang dimiliki software atau program  aplikasi untuk mudah dioperasikan dan beberapa kemampuan lain sehingga pengguna pemula pun dapat mengoperasikannya.
·       WYSIWYG (What You See Is What You Get) : Kemampuan yang dimiliki software atau 
      program aplikasi untuk menampilkan apa yang sesungguhnya didapat oleh pengguna.
·        Menambah kenyamanan pengguna sehingga pengguna tidak merasa frustasi atau cepat bosan.
·        Implikasi: meninggkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja.


         Hal yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan komputer di zaman modern ini sangat komplek dimana segala sesuatu telah dikomputerisasi. Saat manusia menggunakan komputer seperti mengetik data, menyentuh tombol power, menekan mouse tanpa disadari manusia telah berinteraksi atau berkomunikasi dengan komputer. Manusia baru menyadari mereka berkomunikasi dengan komputer ketika terjadi kesalahan dan tidak menemukan solusinya dan manusia biasanya selalu menyalahkan antar muka yang kurang komunikatif, kurang menarik, dan kurang inovatif. Oleh karena itu maka diperlukan Interaksi Manusia dan Komputer.
sumber : google.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar